home icon
search icon
menu icon
#8
Peringkat Universitas berdasarkan Bidang Kehutanan
Di Indonesia
EduRank 2023
3.22
Rataan IPK
Di Fakultas
(2009-2023)
49 Bulan
Rataan Lama Studi
Di Fakultas
(2009-2023)
#13
Peringkat Universitas berdasarkan Bidang Pertanian & Kehutanan
Di Indonesia
Times Higher Education (THE) 2023

Program Pendidikan

Program Sarjana

Program Sarjana

Fakultas Kehutanan Universitas Sumatera Utara (USU) menyediakan 4 peminatan untuk Program Sarjana (S-1) Kehutanan, yaitu: Manajemen Hutan, Budidaya Hutan, Teknologi Hasil Hutan, dan Konservasi Sumber Daya Hutan.

Program Pascasarjana

Program Magister

Sebagai program studi lanjutan dari Program Sarjana (S-1) Kehutanan, Fakultas Kehutanan juga turut menyediakan Program Magister (S-2) Kehutanan dalam rangka menghasilkan lulusan yang akan menjadi ahli pakar berkualitas di sektor kehutanan.

Foto Mahasiswa

Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Sumatera Utara

Penerimaan Mahasiswa Baru Semester 1 Tahun Ajaran 2024/2025

Bersama mengatasi masalah deforestasi Indonesia, bergabunglah dengan Fakultas Kehutanan Universitas Sumatera Utara! Fakultas Kehutanan USU membuka pintu pendaftaran mahasiswa baru untuk Semester 1 TA 2024/2025, mempersembahkan kesempatan berharga bagi Anda untuk menjadi bagian dari pelestarian hutan Indonesia dan membangun masa depan lingkungan yang berkelanjutan. Segera daftarkan dirimu untuk turut berkontribusi dalam menyelamatkan hutan kita dan jadilah agen perubahan dalam menghadapi deforestasi di Indonesia!

Selengkapnya tentang Penerimaan

Berita Fakultas Kehutanan

Baca berita terkini seputar Fakultas Kehutanan USU di sini! Berita Lainnya

Agenda Unit Pengembangan Pendidikan

Lihat agenda kegiatan terkini di Fakultas Kehutanan USU di sini!
The 6th ICONART
28
Jun
The 6th ICONART
Seminar Top Scientist "Forests and Forestry in South Africa"
24
Jun
Seminar Top Scientist "Forests and Forestry in South Africa"
Seminar dan Kuliah Umum Akhir Semester - Mata Kuliah Kebijakan dan Peraturan Kehutanan
15
Jun
Seminar dan Kuliah Umum Akhir Semester - Mata Kuliah Kebijakan dan Peraturan Kehutanan

Pengumuman

Pantau pengumuman terkini seputar Fakultas Kehutanan USU di sini!

Fakta Fakultas

Tahun Berdiri
Tahun Berdiri
1999
Program Studi
Program Studi
2
Mahasiswa
Mahasiswa
1010
Guru Besar
Guru Besar
2
Dosen
Dosen
43
Tendik
Tendik
31
Alumni
Alumni
2418
Laboratorium
Laboratorium
4
Sitasi
Sitasi
4064
Jurnal Internasional
Publikasi Internasional
301
Konfrensi Internasional
Konferensi Internasional
37
HKI
HaKI
9

Sambutan Dekan

Tagline Fakultas

JUARA : Jujur, Unggul, Agamis, Respek, dan Adaptif”

#kehutananjaya

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Dengan rahmat Allah SWT yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, saya selaku Dekan Fakultas Kehutanan Universitas Sumatera Utara menyampaikan puji dan syukur atas penyelesaian website Fakultas Kehutanan Universitas Sumatera Utara ini.
Selamat datang di website Fakultas Kehutanan (Fahutan) Universitas Sumatera Utara Medan!
Website Fahutan USU merupakan uraian tentang informasi fakultas dan kegiatan-kegiatan di lingkungan Fahutan USU. Pembuatan website ini dimaksudkan agar masyarakat umum, terutama siswa-siswi SMA sederajat yang berminat untuk masuk ke Fahutan USU, dapat mengetahui tahu mencari informasi yang berkenaan dengan Fahutan USU.
Terima kasih dan selamat berselancar di website kami!

Testimoni Alumni

Kehutanan mengajarkan saya untuk lebih menghargai kehidupan, dimana setiap makhluk hidup dari yang paling kecil hingga yang paling besar diciptakan Allah memiliki manfaat untuk keberlangsungan hidup satu sama lain. Fakultas kehutanan USU mengajarkan kedisplinan dan wawasan untuk menghadapi masalah-masalah di dunia pekerjaan

Kasiani Barus, S.Hut

(Wisudawan Terbaik Fakultas Kehutanan USU pada Yudisium/ Pemanenan Wisudawan Periode 3 Tahun 2022)

Berkuliah di Fakultas Kehutanan USU memberikan saya pengalaman dan ilmu yang tidak ternilai. Dengan tenaga dosen yang profesional menjadikan mahasiswa tidak hanya menguasai teori namun sekaligus praktiknya. Sistem perkuliahan yang up to date juga membantu mahasiswa mengembangkan skill serta cara berpikir yang sistematis yang menjadi bekal di dunia kerja

Yon Felix Hutagalung, S.Hut

(Wisudawan Terbaik Fakultas Kehutanan USU Periode IV September 2022)

Kuliah di Fakultas Kehutanan USU merupakan sebuah kesempatan yang sangat disyukuri. Di sini, tidak hanya diajarkan untuk mengerti teori dan praktik ilmu kehutanan. Lebih dari itu, menjadi faham bahwa belajar itu harus dilakukan terus menerus dan menggali ilmu dari mana saja, namun tetap menuju satu tujuan, melalui 3C (Continue, Convergen, Concentris)

Lastiur Eva Panggabean, S.Hut

(Wisudawan Terbaik Minat Studi THH/ Wisuda Periode 1 T.A. 2022/2023)

Mitra

Laboratory

Laboratorium Budidaya Hutan

Laboratorium Budidaya Hutan didirikan untuk mendukung kegiatan pembelajaran sekaligus menjadi pusat pengembangan dan penerapan ilmu kehutanan yang berkaitan langsung dengan perbaikan pohon, kultur jaringan, dan pemanfaatan mikroba dalam industri pulping. Selain itu, laboratorium ini juga melakukan penelitian tentang perlindungan hutan, khususnya dari serangan hama dan penyakit. Berbagai jenis hama dan penyakit yang dapat merusak hutan, baik di hutan alam maupun hutan tanaman, dipelajari dan diteliti di laboratorium ini untuk mengembangkan teknik pencegahan dan penanggulangan yang efektif.

Laboratory

Laboratorium Manajemen Hutan

Fakultas Kehutanan USU memiliki Laboratorium Manajemen Hutan yang merupakan laboratorium terpadu, berperan sebagai pusat pengelolaan praktikum dan penelitian dalam berbagai bidang, seperti Geodesi dan Kartografi, Inventarisasi Hutan, Sistem Informasi Geografis, Penginderaan Jauh, dan Sosial Ekonomi Kehutanan. Laboratorium ini terdiri dari dua ruang, yaitu Ruang 1 untuk kegiatan penelitian dan Ruang 2 untuk kegiatan praktikum. Selain itu, Laboratorium Manajemen Hutan juga mengkoordinasikan dan mendukung kegiatan penelitian dosen dan mahasiswa di fakultas tersebut.

Laboratory

Laboratorium Teknologi Hasil Hutan

Laboratorium Teknologi Hasil Hutan (THH) adalah salah satu fasilitas di Fakultas Kehutanan Universitas Sumatera Utara yang didedikasikan untuk mendukung kegiatan praktikum mahasiswa. Laboratorium THH dilengkapi dengan berbagai peralatan yang memadai untuk pembelajaran mahasiswa. Selain itu, laboratorium ini juga menyediakan layanan pengujian sampel yang terkait dengan analisis kayu, biomassa, dan bahan alam lainnya yang berasal dari hutan, baik yang bersifat kayu maupun non-kayu.

Laboratory

Laboratorium Konservasi Sumberdaya Hutan

Fakultas Kehutanan USU memiliki Laboratorium Konservasi Sumber Daya Hutan. Laboratorium ini merupakan laboratorium terpadu yang bertujuan untuk mengelola dan mengkoordinasikan praktikum-praktikum yang merupakan bagian penting dari program pendidikan di fakultas tersebut. Laboratorium Konservasi Sumber Daya Hutan ini sendiri memiliki dua ruang laboratorium, yakni Ruang 1 untuk kegiatan penelitian dan praktikum, serta Ruang 2 untuk praktikum dan penelitian.

Video Fakultas Kehutanan

Yuk, berkenalan lebih dekat dengan Fakultas Kehutanan USU melalui video-video berikut! Tonton Selengkapnya