SHARING ALUMNI FAKULTAS KEHUTANAN USU UNTUK KELESTARIAN HUTAN SUMATERA

Kegiatan sharing alumni kehutanan dibuka oleh Wakil Dekan I yaitu Dr. Rudi Hartono, S.Hut, M.Si. Bapak Wakil Dekan I mengatakan “bahwa kegiatan sharing alumni ini sangat bermanfaat selain untuk menambah wawasan mahasiswa juga menjaga hubungan silaturahmi antara mahasiswa, alumni dan dosen, kegiatan-kegiatan seperti ini harus terus berlanjut untuk meningkatkan sumberdaya mahasiswa kehutanan saat sekarang dan masa yang akan datang”

1

Foto penyerahan sertifikat oleh Wakil Dekan I kepada pembicara

Kegiatan sharing alumni merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan setiap minimal 3 kali dalam setahun, dengan tujuan untuk menambah pengetahuan mahasiswa di lapangan langsung dari alumni-alumni kehutanan USU.

2

Foto bersama dengan mahasiswa Fakultas Kehutanan USU

Pada kegiatan ini sebagai pembicara adalah Rio Ardi, S.Hut, M.Si yang bekerja di Yayasan Orangutan Sumatra Lestari- Orangutan Information Center, YOSL-OIC. Rio Ardi merupakan alumni Kehutanan USU angkatan 2004. Rio Ardi mulai menekuni bidang botanis sejak ia berkerja sebagai asisten penelitian di Taman Nasional Gunung Leuser Tahun 2009, ia terus belajar bagaimana mengidentfikasi jenis tumbuhan di hutan alam. Rio demikian kiprahnya terus saja konsisten terhadap isu biodiversity baik flora dan fauna di Indonesia terutama Taman Nasional Gunung Leuser. Dalam acara sharing alumni dengan mahasiswa kehutanan bulan Oktober Rio mengatakan bahwa” belajar di alam liar itu sangat menyenangkan walaupun penuh dengan tantangan, banyak spesies tumbuhan maupun hewan belum diangkat kepermukaan tentang bagaimana keberadaannya di alam, padahal setiap spesies kecil maupun besar mempunyai peranan penting dalam keberlanjutan ekosistem di bumi”.

3

Foto saat menyayikan lagu Indonesia Raya

Mahasiswa sangat antusias dalam mengikuti sharing alumni tersebut hal ini dilihat ketika sesi diskusi mahasiswa aktif bertanya.  Acara-acara seperti ini menarik bagi mahasiswa, Rio mampu membawa mahasiswa kedunia nyata tentang persoalan-persoalan di lapangan bagaimana cara merestorasi hutan, bagaimana  cara menghadapi masyarakat lokal, bagaimana menciptakan kepercayaan masyarakat terhadap orang pendatang, rio mengatakan ini tidak kita dapat di bangku kuliah namun ada di lapangan. Rio juga mengharapkan agar mahasiswa tekun belajar, bahwa apa setiap mata kuliah dan praktikum sangat bermanfaat ketika nantinya sudah tamat. News Rida, Rudi.