FAKULTAS KEHUTANAN USU MENGADAKAN ACARA RAPAT KOORDINASI PRA MUSRENBANG UNTUK PROGRAM KERJA TAHUN 2019

Acara Rapat Koordinasi Pra Musrenbang (Musyawarah Perencanaan dan Pengembangan) Fakultas Kehutanan dilaksanakan Selasa 17 April 2018 di Aula Fakultas Kehutanan. Pra MUSRENBANG dihadiri Dekan, para Wakil Dekan, Ketua dan Sekretaris Departemen, Kepala Laboratorium dan seluruh staf Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan  di lingkungan Fakultas Kehutanan USU. Kegiatan Pra Musrenbang merupakan salah satu  cara untuk menerima masukan bottom up kegiatan pengembangan yang ada di tingkat Fakultas Kehutanan, yaitu masukan dari program-program yang dibuat di tingkat Departemen dan Laboratorium, serta program untuk Tenaga Kependidikan. Dengan demikian, maka Pra-Musrenbang  merupakan kegiatan untuk mewujud  kankoordinasi, integrasi dan sinkronisasi rencana kerja di lingkungan Fakultas Kehutanan USU.

Pembukaan Pra Musrenbang dilakukan oleh Dekan Fakultas Kehutanan, Ibu Siti Latifah, S.Hut, M.Si, Ph.D dengan berharap bahwa program kerja kedepan di tahun 2019 dapat lebih ditingkatkan agar kualitas Fakultas Kehutanan dapat setara dengan Fakultas lainnya di Universitas Sumatera Utara. Saat ini akreditasi Program Studi Kehutanan masih B, namun kedepan kita akan berjuang sekuat tenaga untuk menjadikan Prodi Kehutanan menjadi A demikian ungkapan Dekan. Kerjasama yang baik semua staf sangat diperlukan untuk mewujudkan visi dan misi Fakultas Kehutanan.

 

Musrenbang        Foto bersama seluruh staf Fahutan pada acara Pra Musrenbang. Dok. Amri Lubis

Pada awal kegiatan Pra Musrenbang, dekan menyampaikan Perjanjian Kinerja Dekan Fakultas Kehutanan 2018 dengan Rektor USU. Perjanjian kinerja ini mengacu pada Perjanjian Kinerja Kemenristekdikti tahun 2018, mencakup berbagai aspek kegiatan antara lain peningkatan kualitas pembelajaran dan kemahasiswaan; peningkatan kualitas SDM tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, peningkatan produktivitas riset dan pengabdian kepada masyarakat, dan lain-lain. Selain itu, Perjanjian Kinerja Dekan juga mengacu pada Renstra USU, seperti terbangunnya komitmen yang kuat untuk mewujudkan misi; terlaksananya good goverment; terciptanya sivitas akademik dan akademika dan tendik berkarakter BINTANG dan mapu bersaing dalam tataran global; tumbuhnya budaya meneliti, menulis dan memperoleh HaKI dan Paten; tumbuhnya empati dan pengabdian kepada masyarakat; dan terciptanya keunggulan akademik berbasis TALENTA.

Setelah penyampaian kontrak kinerja, dilanjutkan oleh arahan dalam Pra-Musrenbang yang disampaikan oleh Wakil Dekan II, Dr. Samsuri, S.Hut, M.Si. Arahan yang disampaikan adalah bahwa Pra Musrenbang adalah perencanaan kegiatan pengembangan yang akan dilakukan di tingkat Fakultas Kehutanan. Perencanaan yang baik apabila program yang dikerjakan adalah program yang diusulkan dari bawah (bottom up) dan  bisa di implementasikan, serta mampu menunjang Perjanjian Kinerja Dekan ke Rektor.

Musrenbang2Dr. Samsuri, S.Hut, M.Si sedang mengarahkan program kerja, Dok. Amri Lubis

Beberapa program kerja yang dipaparkan oleh Departemen dan program di bawah Tenaga Kependidikan antara lain promosi departemen, workshop GIS, MoU hutan pendidikan TAHURA, Pengabdian pada Masyarakat, Kuliah umum, Pembinaan kemahasiswaan, melengkapi RPS dan SAP, pembuatan bahan ajar, pembuatan buku ajar, pembuatan penuntun praktikum, kuliah umum dan praktek lapangan (PKL dan P2EH), serta pelatihan tenaga kependidikan seperti pelatihan pembuatan naskah dinas, pengadaan barang dan jasa, pelatihan bahasa inggris dan lain sebagainya.

Wakil Dekan I, Dr. Rudi Hartono, S.Hut, M.Si menyampaikan bahwa program-program yang sama di tingkat Departemen bisa di buat di tingkat Fakultas seperti Pelatihan Penyusunan RPS dan SAP. Selain itu, arahan agar pembinaan kemahasiswaan bisa dilakukan di tingkat Departemen. Sedangkan Wakil Dekan III Dr. Apri Heri Iswanto, S. Hut, M.Si memberi masukan kepada setiap departemen untuk membuat bahan ajar elearning, sesuai dengan harapan Universitas Sumatera kedepannya akan meningkatkan pembelajaran dengan metode elearning.

Program kerja masing-masing ketua departemen akan di pertimbangkan oleh tim pengarah yakni Wakil Dekan I, II dan III. Diakhir acara Dekan mengatakan bahwa Program kerja yang kita lakukan kedepan haruslah lebih nyata  hasilnya untuk mendukung Tridharma Perguruan Tinggi dan harapannya akreditasi Program Studi Kehutanan dapat ditingkatkan. Rudi/Samsuri/Rida/newsfahutan/2018.