ALUMNI KEHUTANAN USU ADAKAN PENGUKUHAN PENGURUS IKAHUT USU PERIODE 2017-2020

Alumni KehutananUniversitas Sumatera Utara mengadakan pengukuhan pengurus alumni yang dilaksanakan di aula Fakultas Kehutanan pada Rabu, 28 Maret 2018. Ketua umum IKAHUT yaitu Susilo Sudarman, S.Hut, M.Si merupakan alumni stambuk 2001 yang sekarang berkiprah di dunia kehutanan di salah satu perusahaan swasta ternama bidang kehutanan di Pulau Sumatera. Pelantikan alumni juga dihadiri oleh dekan, para wakil dekan, dosen dan mahasiswa kehutanan. Alumni Kehutanan USU saat ini sudah tersebar di seluruh Indonesia diantaranya Pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa bahkan ada juga di Papua. Hal ini merupakan suatu bukti bahwa alumni kehutanan mampu bersaing di lapangan. Program studi kehutanan USU telah meluluskan lebih dari seribu alumni di seluruh nusantara. Pengelolaan hutan yang berkelanjutan merupakan landasan terpenting yang harus dipegang oleh seluruh alumni kehutanan dimanapun tempat ia berkerja dan berkarya baik yang bekerja di instansi pemerintah, swasta dan lain-lain. Sumberdaya manusia yang handal diharapkan mampu melaksanakan pembangunan di bidang kehutanan dengan konsep “suistainability”

ika1 ika2

Pengkuhan oleh ketua terhadap anggota IKAHUT, b) Penyerahan cindera mata oleh ketua IKAHUT kepada Dekan Fakultas Kehutanan. Dok. Dr. Rudi Hartono

Acara pengukuhan juga di saksikan oleh Dekan Fakultas Kehutanan yaitu Ibu Siti Latifah, S.Hut, M.Si, Ph.D sekaligus menjadi Dewan Pertimbangan IKAHUT USU, dalam pidatonya beliau mengatakan bahwa alumni, mahasiswa, dosen dan pegawai merupakan 3 pilar yang tidak dapat dipisahkan. Alumni merupakan produk dari suatu universitas dimana perannya sebagai katalisator, kontributor, dan iron stock. Peran alumni sebagai katalisator yaitu alumni mampu mempererat hubungan alumni dengana lmamater, hubungan alumni dengan mahasiswa, hubungan alumni dengan masyarakat, termasuk hubungan alumni dengan instansi pemerintah maupun swasta dan hubungan alumni dengan alumni lainnya. Peran alumni sebagai contributor yaitu bagaimana alumni dapat menyumbangkan kontribusinya terhadap almamater baik berupa materi maupun nonmateri. Materi bias berupa alat penunjang sederhana yang dapat dimanfaatkan adik-adik mahasiswa, nonmateri bentuknya sumbangan pemikira nuntuk kemajuan mahasiswa contohnya mengadakan sharing alumni, seminar, bedah buku, pelatihan dan lain-lain. Sedangkan peran alumni sebagai iron stock yaitu almamater mampu menyumbangkanSDM yang handal yang akan menjadi pemimpin masa depan. Diakhir pidato Dekan Fakultas Kehutanan USU beliau berpesan adalah agar alumni dapat menjaga nama baik almamater Kehutanan Universitas Sumatera Utara dimanapun berada.

ika 3

Foto bersama alumni, dosen dan mahasiswa pada acara pengukuhan alumni Dok. Rizal Pahlevi

Ketua alumni Susilo dalam pidatonya memaparkan bahwa IKAHUT  sebagai wadah silaturahmi antar sesama alumni dan juga sebagai wadah mencurahkan ide, gagasan dalam mendorong terciptanya kerjasama antar sesama alumni dalam rangka peran sertanya di sektor kehutanan di Indonesia. Kepengurusan alumni terdiri dari 7 bidang yaitu Bidang kekeluargaan, Bidang pengembangan anggota kelembagaan dan organisasi, Bidang usaha dana dan kesejahteraan, Bidang media informasi dan komunikasi, Bidang penelitian dan pemberdayaan masyarakat, Bidang hubungan antar lembaga dan kemitraan dan Bidang kajian kebijakan kehutanan dan pembangunan. Program kerja masing-masing Bidang akan segera dirancang sedemikian rupa agar kiprah alumni dapat terlihat di  masyarakat. Salam Rimbawan. news/rudi /ridahr/fahutanusu.